Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Mandalika Berzikir Awali Festival Pesona Bau Nyale 2019

Mandalika Berzikir Awali Festival Pesona Bau Nyale 2019

SUARALOMBOKNEWS.com – Lombok Tengah | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) LombokTengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar rapat persiapan pelaksanaan kegiatan Festival Pesona Bau Nyale 2019, Rabu (9/1/2019).
Rapat yang digelar di Ruang Rapat Tastura I Kantor Bupati Lombok Tengah itu di pimpin langsung oleh Sekda Lombok Tengah HM. Nursiah dan dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Pemprov NTB, H. Lalu Moh Faozal dan jajaran SKPD Lingkup Pemkab Lombok Tengah, serta dari perwakilan Polres Lombok Tengah.
Dalam rapat tersebut, Kadis Pariwisata Pemprov NTB, H. Lalu Faozal memaparkan, rencana kegiatan Bau Nyale 2019 yang menjadi event pembuka di Calender Of Event 2019 Kementerian Pariwisata (Kemenpar)
Menurut Lalu Faozal, pelaksanaan kegiatan Bau Nyale 2019 tidak jauh beda dari tahun sebelumnya.”Hannya saja tahun ini Bau Nyale 2019 di awali dengan kegiatan Manalika Berzikir. setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan seperti tahun sebelumnya, ada Peresean, Parade Budaya, Pemilihan Putri Mandalika, Bazar Kuliner, dan acara puncaknya nanti akan di tutup dengan Closing Ceremony Pesona Bau Nyale 2019 dengan menampilkan Drama Kolosal Bau Nyale dan sejumlah hiburan rakyat, atraksi seni dan budaya Lombok ,” ucapnya.
Untuk itu, Lalu Faozal meminta kepada Pemkab Lombok Tengah bersama dengan tokoh agama, masyarakat, adat dan budaya di Bumi Tatas Tuhu Trasna untuk segera melaksanakan Rapat hari penentuan Bau Nyale 2019 atau dalam bahasa sasak disebut Sangkep Warige.
Pada pelaksanaan kegiatan Bau Nyale yang menjadi Adat, Budaya dan Tradisi Masyarakat Lombok, khususnya masyarakat Lombok Tengah Tahun 2019 ini lanjut, Lalu Fauzal, tidak menutup kemungkinan akan di hadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah Menteri Kabinet Kerja.”Tidak menutup kemungkinan Pak Presiden Jokowi hadir di Bau Nyale 2019,”ujarnya.
Ditempat yang sama, Sekda Lombok Tengah, HM. Nursiah memerintahkan kepada Kepala Dinas Kebuayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Lombok Tengah H. Lalu Moh Putria untuk melibatkan seluruh tokoh Agama, Masyarakat, Adat dan Budaya dalam Rapat Penentuan hari pelaksanaan Bau Nyale atau Sangkep Warige. Sehingga hari, tanggal dan bulan Bau Nyale 2019 hasilnya tepat dan tidak menimbulkan dua pendapat dengan hasil penentuan hari H Bau Nyale yang berbeda.
Sangkep Warige Bau Nyale 2019 kata HM. Nursiah, akan dilaksanakan di Dusun Ende, Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah pada hari Kamis (10/1/2019).” Besok (kamis, 10/1/2019) Sangkep Warige dimulai, lokasinya di Dusun Ende, Desa Rembitan,”katanya.
HM. Nursiah berharap, pelaksanaan Bau Nyale 2019 yang dipusatkan di Pantai Seger, Desa Kuta Kecamatan Pujut, Lombok Tengah atau di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) The Mandalika Kuta, bisa dikemas lebih menarik dari tahun – tahun sebelunya.
Untuk itu, HM. Nursiah memita kepada semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Bau Nyale 2019, seperti Penggiat Seni dan Budaya untuk ikut merancang atau mengemas pelaksanaan Bau Nyale 2019, sehingga pelaksanaan Bau Nyale 2019 berbeda dari tahun sebelumnya.” Ini merupakan event unik dan eksotik. Sebuah tradisi masyarakat Lombok yang telah mendunia. Bahkan selalu menjadi menu wajib bagi banyak wisatawan. Untuk itu rangkaian eventnya harus menarik untuk disaksikan,” ujarnya.
Sesuai dengan Calender Of Event 2019 Kemenpar RI yang telah di-launhing, Festival Pesona Bau Nyale 2019 siap digelar pada Tanggal, 20 Februari 2019 mendatang. [slNews.com – rul].

No Responses

Tinggalkan Balasan