Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Lombok Tengah Targetkan Seluruh Puskesmas Jadi BLUD Pada 2021

Lombok  Tengah Targetkan Seluruh Puskesmas Jadi BLUD Pada 2021
Kepala Dinas Kesehatan Lombok Tengah, NTB, H. Omdah

SUARALOMBOKNEWS – LOMBOK TENGAH | Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), menargetkan seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) pada Tahun 2021.” Saat ini dari 23 Puskesmas di 12 Kecamatan se – Lombok Tengah, baru 5 Puskesmas yang sudah BLUD yakni, Puskesmas Praya, Aik Mual, Puyung, Aik Darek, dan Puskesmas Janapria. sisanya kita targetkan Tahun 2021 sudah BLUD semua,” kata Kepala Dinas Kesehatan Lombok Tengah, H. Omdah, Rabu (18/9/2019).
Omdah menjelaskan, penentuan Puskesmas menjadi BLUD ditentukan melalui sejumlah penilaian yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) termasuk dari Inspektorat.”Jadi bukan Dinas Kesehatan yang menentukan, melainkan dari BPKP dan Inspektorat, sehingga pengelolaan keuangan di Puskesmas yang akan dijadikan BLUD itu lebih tepat dan sesuai dengan aturan,”jelasnya
Menurut Omdah, jika Puskesmas telah mengelola BLUD maka tidak ditugaskan lagi menyetor pendapatannya ke kas daerah namun bisa mengelolanya sendiri termasuk juga dalam hal pengadaan barang dan jasa.
Dengan BLUD, puskesmas diharapkan tidak hanya mandiri mengelola keuangan, namun juga mampu meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.”Selain mandiri, Puskesmas yang mengelola BLUD juga ditekankan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada Masyarakat,”tegas H. Omdah. [slNEWS – rul]

No Responses

Tinggalkan Balasan