Ini Penilaian BPK RI Terhadap Kinerja Pemkab Lombok Tengah

Ini Penilaian BPK RI Terhadap Kinerja Pemkab Lombok Tengah

SUARALOMBOKNEWS.COM – Lombok Tengah | Anggota VI Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Prof. Dr. Harry Azhar Azis, M.A menyampaikan Pengarahan tentang Persiapan Pemeriksaan LKPD dan Pemeriksaan Lainnya Tahun 2019 kepada Jajaran Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa, (4/12/2018).
Kegiatan yang digelar di Bencingah Pendopo Bupati Lombok Tengah itu dihadiri langsung oleh Bupati Lombok Tengah HM. Suhaili FT, SH, Ketua DPRD Lombok Tengah H. Achmad Puaddi FT, Sekda Lombok Tengah HM. Nursiah, para Asisten dan Staf Ahli Bupati Lombok Tengah serta seluruh kepala SKPD Lingkup Pemkab Lombok Tengah.
Dalam sambutannya, Bupati Lombok Tengah HM. Suhaili FT menyampaikan selamat datang kepada Anggota VI BPK RI, Prof. Dr. Harry Azhar Azis, M.A beserta rombongan di Bumi Tatas Tuhu Trasna.
HM. Suhaili juga mengucapkan terimakasih kepada Anggota VI BPK RI, Prof. Dr. Harry Azhar Azis, atas bimbingan dan arahan kepada Pemkab Lombok Tengah terkait dengan LKPD.
Ditempat yang sama, Anggota VI BPK RI, Prof. Dr. Harry Azhar Azis, dalam arahannya menyampaikan, BPK melakukan pemeriksaan atas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara didasarkan atas mandat yang telah diberikan di dalam UUD 1945 Amandemen III dan Undang – Undang.” Atas dasar mandat yang telah diberikan tersebut, BPK bertekad sebagaimana dalam visi dan misinya untuk menjadi Lembaga yang mendorong pengelolaan keuangan negara untuk mencapai tujuan negara melalui pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat secara bebas dan mandiri,” ucapnya.
Dr. Harry mengungkapkan, pada Tahun 2019, BPK Perwakilan NTB merencanakan akan melakukan berbagai pemeriksaan yang meliputi pemeriksaan keuangan maupun kinerja dan pemeriksaan dengan tujuan. Pemeriksaan keuangan atas LKPD setiap Provinsi/Kabupaten/Kota.” Pemeriksaan yang akan dilakukan merupakan, Pemeriksaan mandatory yang kami lakukan setiap tahunnya. Untuk itu kami dorong setiap Pemda untuk meningkatkan kualitas LKPD nya secara terus berkelanjutan,”ungkapnya.
Dalam kesempatan tersebut, Dr. Harry membeberkan terkait dengan kesuksesan Kabupaten Lombok Tengah yang telah mendapatkan Opini WTP atas LKP selama tiga tahun berturut – turut yakni dari Tahun 2015 – 2017.”Syukur Alhamdulillah tiga tahun terakhir Kabupaten Lombok Tengah telah mendapatkan opini WTP atas LKPD TA 2015, 2016 dan 2017. Tentunya opini WTP ini tidak menjadikan kita lalai untuk terus melakukan perbaikan dan penyempurnaan. Kami harapkan pula kepada Pak Bupati beserta jajarannya agar opini WTP ini harus dapat mendorong tanggung jawab kita bersama dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat secara nyata dan optimal,”pesanya.
Dr. Harry menjelaskan, berbagai ukuran yang dapat mencerminkan kesejahteraan rakyat antara lain Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Prosentase Penduduk Miskin, Prosentase Tingkat Pengangguran Terbuka, dan Indeks Gini.” Syukur Alhamdulillah secara umum kesejahteraan rakyat Kabupaten Lombok Tengah semakin meningkat. Dari tahun 2015 sampai dengan 2017, capaian nilai dari berbagai ukuran kesejahteraan rakyat tersebut yakitu Indeks Pembangunan Manusia Tahun 2015, 62,74 persen. Tahun 2016, 63,22 persen dan Tahun 2017, 64,36 persen. Penduduk Miskin, Tahun 2015, 16,26 persen. 2016, 15,80 persen dan Tahun 2017, 15,31 persen.
Tingkat Pengangguran Terbuka, Tahun 2015, 6,37 persen. 2016, 7,42 persen dan Tahun 2017, 2,90 persen, dan Indeks Gini 0,348 persen,” paparnya.
Untuk itu Dr. Harry, berharap dan berpesan kepada Pemkab Lombok Tengah untuk terus meningkatkan kinerja demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat Lombok Tengah.”Kita berharap capaian-capaian kesejahteraan rakyat yang telah kita raih dapat kita tingkatkan lebih baik lagi,” harapnya.
Usai pengarahan dari Anggota VI BPK RI, Prof. Dr. Harry Azhar Azis, M.A, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi.
diakhir acara, Bupati Lombok Tengah memberikan Plakat berupa logo Kabupaten Lombok Tengah kepada Anggota VI BPK RI, Prof. Dr. Harry Azhar Azis, M.A. hal yang sama juga dilakukan Anggota VI BPK RI, Prof. Dr. Harry Azhar Azis, M.A. Dalam kesempatan itu Anggota VI BPK RI, Prof. Dr. Harry Azhar Azis, M.A juga memberikan Plakat kepada Bupati Lombok Tengah HM. Suhili FT, SH. [slNews.com – rul]

No Responses

Tinggalkan Balasan