Ini Kebiasaan Warga Desa Saba Selama Ramadhan

Ini Kebiasaan Warga Desa Saba Selama Ramadhan

SUARALOMBOKNEWS.COM – LOMBOK TENGAH | Bulan Ramadhan merupakan momen penuh berkah yang paling ditunggu umat Islam dunia. Selain berpuasa dan Salat Tarawih, amalan ibadah utama lainnya yakni Tadarus Alquran.

Tadarus Al Qur’an selama Ramadhan merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan masyarakat, khususnya para Remaja , Pemuda bahkan anak – anak, Desa Saba, Kecamatan Janapria, Lombok Tengah.” Tadarus Al Quran selama Ramadhan menjadi kegiatan rutin masyarakat, yang dilaksanakan di Masjid, dan Musollah, selesai Salat Tarawih,” kata Kepala Desa (Kades) Sabe Abdul Wahid via WhatsApp (WA), Selasa, (22/5/2018).

Tadarus merupakan amalan ibadah membaca Alquran usai Salat Tarawih hingga menjelang waktu sahur. Diwajibkan satu orang yang menguasai tata cara membaca Alquran.” Tadarus selesai Salat Tarawih sampai menjelang Sahur. Selain itu harus ada yang meneliti dan wajib menegur jika ada salah cara membaca Al Qur’an. Anak-anak menjadi paham akhirnya,” jelas Wahid.

Selain  Remaja  dan Pemuda, sejumlah bocah antre menunggu giliran tadarus. Setiap malam, mereka bisa membaca Alquran hingga 15 juz atau khatam hanya dalam waktu dua malam.

Tadarus Alquran merupakan ajang sesungguhnya bagi anak-anak untuk mengukur sejauh mana memahami tata cara membaca Alquran.”Pahala juga besar. Daripada keluyuran di malam hari, lebih baik tadarus selama Ramadhan,” kata Wahid.

Wahid mengungkapkan, umat muslim berlomba-lomba berbuat kebaikan, memetik berkah dari setiap ibadah, dan mendapat amalan berlipat di bulan yang dikenal dengan malam seribu bulan.”Seperti yang disampaikan Rasulullah, jika umatku tahu nilai yang ada dalam bulan Ramadhan, maka pasti mereka berharap seluruh bulan menjadi bulan Ramadhan,” pungkasnya. [slNews – rul]

No Responses

Tinggalkan Balasan