Ini Hasil Kunjungan Menko Luhut di KEK The Mandalika

Ini Hasil Kunjungan Menko Luhut di KEK The Mandalika
Menko Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Pandjaitan (Baju Putih, satu dari kiri) didampingi Dirut PT. ITDC, Abdulbar M Mansoer (tengah) dan Sekda Prov. NTB, H. Lalu Gita Aryadi (satu dari kanan) saat mengunjungi proyek Sirkuit motoGP di KEK The Mandalika di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, NTB, Jumat (06/03/2020)

SUARALOMBOKNEWS.com – LOMBOK TENGAH | Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Panjaitan, meninjau langsung lokasi pembangunan sarana pendukung Event MotoGP Tahun 2021 di Kawasan Ekonomi Khususnya (KEK) The Mandalika di Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (06/03/2020).
Lokasi pertama yang dikunjungi, Menko Luhut yakni Bandara Internasional Lombok (BIL) di Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, tujuannya untuk melihat secara langsung kesiapan pihak PT. Angkasa Pura BIL dalam menyambut event motoGP yang akan digelat pada Tahun 2021 mendatang di Sirkuit Mandalika, KEK The Mandalika.
Saat melakukan Inspeksi lapangan, Menko Luhut didampingi Dirut PT. ITDC, Abdulbar M Mansoer, Sekda Provinsi NTB, H. Lalu Gita Aryadi, sejumlah Pejabat tinggi lingkup Pemprov NTB dan Pemkab Lombok Tengah.
Kedatangan Menko Luhut untuk memastikan seluruh pembangunan infrastruktur pendukung di KEK Mandalika bisa berjalan dengan lancar.
Menko Luhut meminta agar semua infrastruktur pendukung seperti Bandara, jaringan Telekomunikasi, Listrik, Rumah Sakit, Jalan, Pelabuhan dan sistem pengolahan sampah harus tuntas sebelum Event MotoGP berlangsung.
Menko Luhut menegaskan, dari hasil pantauannya diberbagai lokasi dirinya optimis kegiatan MotoGP bisa berjalan dengan baik pada Tahun 2021 mendatang.
Menko Luhut mengaku, ada beberapa hal yang menjadi atensi untuk diatasi. Terutama bagaimana kesiapan hotel untuk menunjang kegiatan event MotoGP.“Untuk persiapan MotoGP ini memang sudah baik, tapi kita perlu hati- hati terutama untuk kesiapan hotel. Dan masih ada yang perlu untuk diperhatikan, tapi saya fikir semua sudah bisa terkontrol,” Kata Menko Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Panjaitan, Jumat kemarin (06/03/2020)
Menko Luhut meminta seluruh kendala-kendala dalam pengerjaan proyek di KEK The Mandaika termasuk proyek pendukungnya segera dilaporkan, sehingga bisa dengan cepat dikoordinasi dengan pihak terkait untuk dicarikan solusi. Dengan demikian, kata Menko Luhut, semua proyek dapat berjalan dengan baik dan berkualitas serta berstandar Internasional.
Menko Luhut juga meminta kepada PT. ITDC untuk melibatkan pengawas Internasional terkait dengan pembangunan Sirkuit MotoGP yang saat ini tengah berjalan, sehingga pembangunan Sirkuit MotoGP di KEK The Mandalika sesuai dengan Standar Internasional.”“Meski memang untuk MotoGP sudah tidak ada masalah yang serius. Untuk kamar hotel sudah berjalan dan pembebasan lahan sudah bagus, saya hanya tambahkan untuk pengawasnya adalah orang yang betul- betul profesional yang bertarap Internasional. Jangan sampai kita dikeritik oleh MotoGP internasionali,”terangnya.
Sementara itu, Dirut PT. ITDC, Abdulbar M Mansoer optimis seluruh infrastruktur untuk menyambut perhelatan MotoGP 2021, seperti Bandara, Jalan By Pass Bandara menuju KEK, Pelabuhan, Rumah Sakit Mandalika, Sarana Telekomunikasi akan dapat dituntaskan sebelum perhelatan berskala Internasional yang akan berlangsung pada bulan Oktober 2021mendatang.“Untuk hotel sudah berjalan tiga dan memang masih baru mulai dibangun karena kita terkena gempa Lombok Tahun 2018. Tapi kita masih punya waktu 1,5 tahun. Untuk diketahui MotoGP bukan seperti event lain yang harus nginap di hotel bintang empat. Tapi mereka anak- anak muda akan banyak kita siapkan fasilitas seperti vila, homstay dan lainnya. Kita juga dekat sekali dengan Mataram bahkan Bali jadi mereka banyak datang dari luar, apalagi MotoGP berlangsung selama tiga hari,”ujarnya. [slNEWS – rul]

No Responses

Tinggalkan Balasan