Diterjang Puting Beliung, Puluhan Rumah Warga Porak – Poranda

Diterjang Puting Beliung, Puluhan Rumah Warga Porak – Poranda

Lombok Tengah, SuaraLombokNews.com, – Hujan deras disertai puting beliung yang terjadi di wilayah Kabupaten Lombok Tengah, Rabu malam, (21/12/2016)  mengakibatkan kerusakan di sebagian wilayah Lombok Tengah.

Puluhan rumah warga di Kecamatan Praya Barat Daya  mengalami rusak berat dan ringan.

Sedikitnya 20  rumah di Dusun Orok Solong  dan  26 rumah di Dusun Kabul, Desa Kabul Kecamatan Praya Barat Daya Lombok Tengah  mengalami kerusakan di bagian atap. Genteng rumah porak-poranda disapu angin puting beliung , dan  rusak akibat tertimpa pohon tumbang.

Informasi yang berhasil di himpun SuaraLombokNews.com,  Hujan deras disertai dengan Angin kencang, yang terjadi sekitar Pukul 17.00 Wita ditambah dengan padamnya lampu penerangan milik PT. PLN , membuat sejumlah warga di Dua Dusun tersebut berhamburan keluar rumah dan menyelamatkan diri ke rumah tetangga terdekat yang tidak terkena dampak terjangan Angin Puting Beliung.

Pohon Jati yang ada di sekitar rumah warga di Dua Dusun itu tumbang dan menimpa bangunan rumah warga.

Pasca terjangan Angin Puting Beliung, di bantu Anggota Babinsa setempat, warga membersihkan puing – puing atap rumah yang roboh diterjang Angin Puting Beliung.

Keesokan harinya, Kamis, (22/12/2016) Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Tengah bersama warga setempat bergotong royong membersihkan dan memperbaiki rumah warga yang rusak diterjang angin Puting Beliung.

Sekda Lombok Tengah HM. Nursiah yang mendapat Informasi  terjangan Angin Puting Beliung itu langsung turun ke wilayah Dua Dusun di Desa Kabul yang terkena dampak Angin Puting Beliung tersebut.” Pak Sekda ikut turun langsung ke lokasi. Kami sudah mendata rumah warga yang rusak. Untuk sementara, kami bekerja sama dengan warga untuk membersihkan puing-puing rumah atau pohon tumbang akibat diterpa angin kencang,” kata Sekretaris BPBD Lombok Tengah Sihabudin, Kamis, (22/12/2016).

Pihaknya menghimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan selama musim hujan  berlangsung. Jika terjadi bencana, masyarakat lebih mengutamakan keselamatan jiwanya dan segera melaporkan kepada petugas terkait.” Setelah didata, warga yang terkena dampak diberikan bantuan. Dan kami menghimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan,” ujar Sihabudin.

Meskipun tidak menimbulkan korban luka – luka maupun korban jiwa, namun terjangan aingin puting beliung di wilayah dua dusun di Desa Kabul Kecamatan Praya Barat Daya Lombok Tengah itu telah menimbulkan kerugian material yang ditampsir mencapai ratusan juta rupiah. |rul

 

No Responses

Tinggalkan Balasan