Disdukcapil Lombok Tengah Targetkan 65 Ribu Keping KIA

Disdukcapil Lombok Tengah Targetkan 65 Ribu Keping KIA

SUARALOMBOKNEWS.COM -Lombok Tengah | Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Lombok Tengah, pada Tahun 2019 ini menargetkan mencetak 65 ribu keping Kartu Indentitas Anak atau KIA untuk anak usia 0 – 17 tahun yang ada di Bumi Tatas Tuhu Trasna.
Kepada SuaraLombokNews.com, Rabu (2/1/2019), Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pencatatan Sipil Disdukcapil Lombok Tengah, Lale Anys mengatakan, Disdukcapil Lombok Tengah telah mengalokasikan Anggaran untuk pengadaan 65 ribu keping KIA yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik Tahun 2019.” Anggarannya sudah ada dari DAK non fisik untuk pengadaan 65 ribu keping KIA. InsyaAllah bulan Juni – Juli 2019, 65 ribu keping KIA itu sudah diadakan, setelah itu baru kita mulai pendataan dan perekaman KIA,”katanya.
Lale Anys mengaku, pencetakan KIA Tahun 2019 , merupakan inisiatif dari Pemkab Lombok Tengah sebagai bentuk perhatian dan keseriusan Pemkab Lombok Tengah, sehingga anak usia 0 – 17 Tahun bisa memiliki Indentitas seperti Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau e-KTP.”Blangko KIA untuk kabupaten/kota pertahunnya ditentukan Pemerintah Pusat, seperti di Kota Mataram dan Lombok Utara. Kita di Lombok Tengah belum dberikan blangko KIA, sehingga Tahun 2019 ini, kita berinisiatif untuk mengadakan Blangko KIA sesuai dengan standar dari Pemerintah Pusat,” ungkapnya.
Pencetakan KIA tahun ini lanjut Lale Anys, difokuskan pada siswa sekolah yang ada di wilayah Kabupaten Lombok Tengah, dan anak yang melakukan perekaman yakni dari usia 5 – 17 Tahun, sedangkan anak usia 0 – 5 tahun tidak melakukan perekaman.”Teknisnya nanti dengan cara datang langsung ke sekolah. untuk anak 0 – 5 tahun tidak melakukan perekaman dan foto, sedangkan anak usia 5 – 17 tahun harus melakukan perekaman dan foto,” ucapnya.
Lale Anys juga menjelaskan, KIA merupakan kartu identitas diri untuk anak usia 0-17 tahun yang memiliki fungsi hampir sama seperti e-KTP.”KIA tidak hanya berfungsi sebagai identitas anak, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain seperti fungsi KTP,”jelasnya.
“Jumlah KIA yang akan kita cetak tahun ini 65 ribu keping atau sekitar 20 persen dari total jumlah anak di Lombok Tengah per Desember 2018 sebanyak 324,721 anak,” ujar Lale Anys. [slNews.com – win]

No Responses

Tinggalkan Balasan