Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Di Usia ke – 1, LTSP – P2TKI Lombok Tengah Layani 30 Ribu TKI

Di Usia ke – 1, LTSP – P2TKI Lombok Tengah Layani 30 Ribu TKI

SUARALOMBOKNEWS.COM – Lombok Tengah | Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, (NTB) menggelar Syukuran HUT ke – 1  Tahun 2018, Layanan Terpadu Satu Pintu Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (LTSP – P2TKI) Lombok Tengah, Selasa, (27/11/2018).
HUT LTSP – P2TKI ke – 1 yang juga dirangkaikan dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 2018 yang digelar di halaman Disnakertrans Lombok Tengah itu dihadiri langsung Wakil Bupati (Wabup) Lombok Tengah H. Lalu Pathul Bahri, S. Ip, dan dihadiri perwakilan Imigrasi Mataram, BP3TKI Mataram, Polres Lombok Tengah, Dirut RSUD Praya dr. Muzakir Langkir, sejumlah Kepala SKPD Lingkup Pemkab Lombok Tengah dan para Dirut Pengerah Jasa Tenaga Kerja  Indonesia (PJTKI).
Dalam sambutannya Kadis Nakertrans Lombok Tengah H. Masrun mengatakan, LTSP – P2TKI diresmikan Pemkab. Lombok Tengah pada tanggal 27 November 2017 lalu. LTSP – P2TKI ini terdiri dari pelayanan lintas sektoral namun terpusat guna memberikan pelayanan yang mudah, murah, tepat bagi masyatakat.”Pelayanan yang diberikan yaitu pelayanan ketenagakerjaan oleh Disnaker NTB dan Pemkab. Lombok Tengah, layanan Dukcapil, layanan medical check up oleh RSUD Praya, layanan Asuransi ketenagakerjaan, layanan keimigrasian, layanan Penempatan oleh BP3TKI Mataram, layanan Perbankan, layanan ISC dan layanan yang belum bisa dilaksanakan yakni layanan SKCK khusus untuk penempatan TKI ke Taiwan, namun koordinasi dengan pihak Kepolisian tetap berjalan,” ungkap H. Masrun.
H. Masrun juga mengungkapkan, pelaksanaan Syukuran HUT ke – 1  Tahun 2018, Layanan Terpadu Satu Pintu Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (LTSP – P2TKI) Lombok Tengah merupakan inisiatif dari para PJTKI.” Kami hannya sebagai penjaga LTSP, untuk itu besar harapan kami kepada PJTKI untuk menjaga LTSP ini, memberikan saran, masukan, ide – ide dan kritik kepada kami, sehingga pelayanan kepada TKI bisa lebih baik,”uangkapnya.
Adapun jumlah TKI yang di layani dj LTSP – P2TKI LombokTengah per Desember  2017 sampai dengan Oktober 2018 yakni sebanyak 30.200 orang TKI, yang terdiri dari Layanan BP3TKI 4.800, Layanan Asuransi BPJS Ketenagakerjaan 3.118, Layanan Kependudukan 539, Layanan Ketenagakerjaan 9.366, Layanan Medical Check Up di RSUD Praya 29, Layanan Keimigrasikan 7.837, Layanan Perbankan 4.611, dan Layanan SKCK kosong.”Adapun Layanan yang capaiannya masih rendah yakni Layanan Medical Check Up dan SKCK, karena khusus pelayanan SKCK belum dilaksanakan di LTSP, dan masih kami koordinasikan dengan Polda NTB,” ujar H. Masrun.
Sementara itu, dalam sambutannya Wakil Bupati Lombok Tengah H. Lalu Pathul Bahri, S. Ip mengucapkan selamat HUT ke – 1 LTSP – P2TKI Lombok Tengah.
H. Lalu Pathul berpesan kepada LTSP untuk terus meningkatkan pelayanan kepada TKI, dan meminta kepada semua pihak terkait untuk bersama – sama memikirkan dan merencanakan peningkatan SDM kepada para Calon TKI melalui pelatihan dan pembinaan.”Masyarakat yang ingin bekerja di luar Negeri harus dibekali Skil, sehingga jangan sampai bekerja keluar negeri hannya jadi pemetik buah sawit saja. Untuk itu perlu diperhatikan dan di pikirkan bersama bagaimana memberikan bekal Kemampuan dan keahlian sehingga mereka (TKI) bisa bersaing diluar negeri,”pungkasnya. [slNews.com – rul].

No Responses

Tinggalkan Balasan