Dewan Minta Pemkab Lombok Tengah Segera Ajukan Kebutuhan Anggaran Penanganan Covid-19

Dewan Minta Pemkab Lombok Tengah Segera Ajukan Kebutuhan Anggaran Penanganan Covid-19
Anggota DPRD Lombok Tengah menggelar Rapat Pembahasan langkah pencegahan dan penanganan Covid-19 di wilayah Kabupaten Lombok Tengah di Gedung DPRD Lombok Tengah di Kelurahan Jontlak, Kecamatan Praya Tengah, Lombok Tengah pada Jum'at (03/04/2020)

SUARALOMBOKNEWS.com – LOMBOK TENGAH | Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) bergerak cepat untuk memutus mata rantai penyebaran dan mempercepat penanganan Virus Corona atau Covid – 19 dengan menggelar Rapat yang membahas langkah pencegahan dan penanganan Covid-19 di wilayah Kabupaten Lombok Tengah.
Rapat yang digelar di Gedung DPRD Lombok Tengah di Kelurahan Jontlak, Kecamatan Praya Tengah, Lombok Tengah pada Jum’at (03/04/2020) dihadiri unsur Pimpinan DPRD, Pimpinan Alat Kelenggkapan Dewan (AKD) dan ketua Fraksi di DPRD Lombok Tengah.
Dalam Rapat tersebut, DPRD Lombok Tengah menyarankan Pemkab Lombok Tengah mulai mengajukan APBD Perubahan yang mengakomodir anggaran penanganganan pencegahan penyebaran wabah virus Corona.“Hasil rapat memang kita akan segera memanggil TPAD dan pihak terkait lainnya. Karena, kita penting melakukan diagnosis tentang keadaan Lombok Tengah, terkait penanganan virus Corona dan ini menjadi dasar kita kedepan untuk merumuskan sesuatu untuk mengambil kebijakan pencegahan,”ungkap Anggota Dewan Lombok Tengah, Suhaimi.
Politisi PDI Perjuangan itu menjelaskan setelah dilakukan analisa terkait kondisi di daerah, maka baru dilakukan tabulasi program nasional termasuk yang akan dilakukan oleh Pemkab Lombok Tengah. Sehingga jangan sampai kedepan menggelontorkan Anggaran untuk menjalankan program, tapi ternyata program ini tumpang tindih.
Dengan demikian analisa program apa yang dilakukan di Lombok Tengah dan yang harus dibiayai dari APBD, sehingga sudah memeriksa berbagai regulasi terkait pengelolan keuangan daerah, khususnya mekanisme dijalankan dalam menggunakan anggran yang ada.
Dijelaskannya, dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 tahun 2019 pasal 161, sudah ada mekanisme pengelolaan keuangan daerah dengan merubah APBD lebih cepat, jika melihat adanya kondisi yang mendesak atau darurat. Ada juga acuan di Permendagri.“Jadi kalau terjadi keadaan darurat, maka bisa dilakukan cepat. Maka dari itulah kita meminta agar Pemda mengajukan APBD Perubahan ini,”pinta Suhaimi
Suhaimi juga meminta agar Pemkab Lombok Tengah untuk segera mengajukan APBD Perubaham 2020, karena sudah ada mekanisme di PP untuk mengajukan hal itu agar penanganan virus Corona ini bisa lebih konfrehensip. Pihaknya juga siap dengan konsekuensi apapun seperti pengalihan anggaran di Dewan untuk
mengantisipasi penyebaran wabah Corona di Lombok Tengah.“Bahkan kalaupun pokir dirubah seluruhnya kami sepakat agar bisa digunakan untuk mengatasi persoalan Corona ini,” pungkasnya [slNEWS – rul]

No Responses

Tinggalkan Balasan