Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

BLK Disnakertrans Lombok Tengah Cetak SDM Siap Pakai

BLK Disnakertrans Lombok Tengah Cetak SDM Siap Pakai
Peserta pelatihan tengah mengikuti program pelatihan keterampilan kerja di BLK Disnakertrans Lombok Tengah, NTB

SUARALOMBOKNews – Lombok Tengah | Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), di Tahun 2019 ini menargetkan 700 masyarakat Lombok Tengah mengikuti latihan  keterampilan kerja.” Target tahun ini 700 peserta pelatihan keterampilan kerja. Dan yang sedang mengikuti pelatihan pada Gelombang pertama sebanyak 176 peserta,” terang Kepala Unit Pelayanan Teknis (KUPT) BLK Disnakertrans Lombok Tengah, Supiandi, Jum’at (8/3/2019).
Di tahun 2019 ini BLK Disnakertrans Lombok Tengah membuka jurusan keterampilan Tehnik pendingin atau AC, Otomotif, Audio/Video, Listrik, Tata Boga, Tata Rias, Komputer dan jurusan terampilan Menjahit.” Penentuan jurusan program keterampilan kerja disesuaikan dengan kebutuhan pemberi kerja dan peluang usaha. Sehingga selesai mengikuti program pelatihan, Sumber Daya Manusia (SDM) peserta siap pakai, siap terjun kedunia usaha, membuka lapangan kerja dan siap kerja,”ungkap Supiandi.
Program pelatihan keterampilan kerja, kata Supiandi, dilaksanakan selama 20 sampai dengan 35 hari per gelombang atau angkatan.
Sedangkan usia peserta yang mengikuti program latihan keterampilan kerja rata – rata usia produktif.” Rata – rata usia produktif, 20 – 30 tahun,” kata Supiandi.
Selain memberikan pelatihan keterampilan kerja secara geratis, peserta pelatihan juga diberikan uang transport, dan makan minum geratis selama mengikuti program pelatihan keterampilan kerja. Tidak itu saja, peserta juga diberikan bantuan pelaratan kerja.” Tidak semua jujuran mendapat bantuan  peralatan kerja, dan bantuan peralatan kerja itu diberikan kepada peserta yang berprestasi dan mau bekerja,”ungkap Supiandi.
Untuk syarat menjadi peserta program pelatihan keterampilan kerja di BLK Disnakertrans Lombok Tengah, lanjut Supiandi, yakni dengan melampirkan foto copy Kartu Tanda Penuduk elektronik (e-KTP) dan Ijazah SMA sederajat.”Syaratnya e-KTP dan Ijazah terakhir, setelah itu baru kita seleksi untuk penentuan jurusan, dan angkatan,” tuturnya.
Lebih lanjut, Supiandi menjelaskan, untuk Gelombang atau angkatan kedua program pelatihan keterampilan kerja tahun 2019 akan dilaksanakan pada pertengan bulan Maret 2019 ini.” Pendaftaran untuk gelombang ke dua dibuka pada bulan Februari lalu, dan diawal bulam Maret ini kita seleksi,  pertengahan bulan Maret sudah mulai pelatihan,”ujarnya. [slNews – rul]

No Responses

Tinggalkan Balasan