Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Anggota Kopasus Asal Bima Yang Gugur Ditembak KKB Tiba di Bandara LIA

Anggota Kopasus Asal Bima Yang Gugur Ditembak KKB Tiba di Bandara LIA
Jenazah Anggota Kopasus asal Kabupaten Bima, NTB, Serda Mirwariyadin tiba di Bandara LIA di Desa Tanak Awu, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, disambut dengan upacara Militer yang di pimpin langsung Danrem 162/WB Kolonel CZI Ahmad Rizal Ramdhani, Jum'at malam (8/3/2019)

SUARALOMBOKNews – Lombok Tengah | Anggota Komando Pasukan Khusus (Kopasus) asal Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) Serda Mirwariyadin yang gugur di Distrik Mugi, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua, pada Kamis (7/3/2019) lalu dalam kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atau Gerakan Separatis Organisasi Papua Merdeka (OPM) tiba di Bandara Internasional Airport (LIA) di Desa Tanak Awu, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Jum’at (8/3/2019).
Jenazah Almarhum Serda Mirwariyadin asal Desa Nipa, Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima, NTB itu tiba di LIA sekitar Pukul 20. 40 Wita.
Kedatangan Jenazah penembak runduk (Bakduk) unit 1/2/2/14 disambut dengan upacara Militer yang dipimpin langsung Danrem 162/WB Kolonel CZI Ahmad Rizal Ramdhani.”Almarhum terkena luka tembak pada bagian perut,”kata Kolonel CZI Ahmad Rizal Ramdhani usai prosesi penyambutan peti jenazah Almarhum Serda Mirwariyadin di Bandara LIA, Jum’at malam (8/3/2019).
Kolonel CZI Ahmad Rizal Ramdhani mengatakan, keluarga besar TNI sangat berduka, atas kehilangan prajurit terbaik yang meninggal di medan tugas.”Almarhum dalam operasi itu masuk dalam Satgas Manggala 19, dan gugur bersama dua prajurit Kopassus lainnya,”ujarnya
Sebelumnya, tiga Jenazah Anggota Kopasus yakni Almarhum Serda Mirwariyadin, Almarhum Siswanto Bayu asal Jawa Tengah dan Almmarhum Serda Yusdin asal Palopo, Sulawesi Selatan diterbangkan dari Bandara Timika nenggunakan pesawat Garuda menuju Banara Ngurah Rai Denpasar, Bali.
Dari Bandara Ngurai Rai, Jenazah Almarhum Serda Mirwariyadin diterbangkan ke Bandara LIA.
Sedangkan jenazah Siswanto Bayu Aji dengan menggunakan pesawat yang sama diterbangkan ke Jakarta, dan selanjutnya ke Jawa Tengah.
Kemudian, jenazah Serda Yusdin akan diterbangkan menggunakan pesawat Sriwijaya ke Makassar, Sulawesi Selatan dan selanjutnya ke Palopo.
Setibanya di Bandara LIA , Jenazah Almarhum Serda Mirwariyadin selanjutnya dibawa ke kampung halamannya di Desa Nipa, Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima, NTB melalui jalur darat dengan menggunakan Mobil Ambulance.
Upacara pemakaman Almarhum Serda Mirwariyadin akan dipimpin langsung Danrem 162/WB Kolonel CZI Ahmad Rizal Ramdhani.
Almarhum Serda Mirwariyadin yang dinyatakan gugur dalam medan tugas dan dinyatakan naik pangkat menjadi Sersan satu (Sertu) Anumerta.
Selain Danrem 162/WB Kolonel CZI Ahmad Rizal Ramdhani, turut dalam upacara penyambutan Almarhum Serda Mirwariyadin, Dandim 1620/Lombok Tengah, Letkol Czi Prastiwanto, Dandim 1615/Lotim, Dandim 1606/Lobar, Danlantamal Mataram, GM Angkasa Pura I Lombok International Airport, Para Kasi Korem 162/WB, Dandenpal Mataram, Dandenpom Mataram, Danyonnif 742/SWY.
Ketiga anggota TNI yang tergabung dalam Satgas Nanggala itu gugur dalam kontak senjata dengan kelompok bersenjata di Distrik Mugi, Kabupaten Nduga pada Kamis (7/3/2019) lalu.
Selain menewaskan 3 prajurit TNI. Dalam kontak tembak dengan kelompok bersenjata pimpinan Egianus Kogoya itu, juga menyebabkan 10 anggota kelompok itu tewas. Lima pucuk senjata api yang mereka gunakan berhasil disita anggota TNI. [slNews – rul]

No Responses

Tinggalkan Balasan