Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Akan Ada Hari Tanpa Bayangan di HUT Ke – 73 Lombok Tengah

Akan Ada Hari Tanpa Bayangan di HUT Ke – 73 Lombok Tengah

SUARALONBOKNEWS.COM – Lombok Tengah | Hari Tanpa Bayangan akan terjadi di wilayah Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).
Dikutip dari Twitter resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) @infoBMKG, Hari Tanpa Bayangan untuk daerah Sumatra, Sulawesi, Kalimantan dan Papua telah berlangsung pada Bulan September 2018 lalu. Sedangkan untuk Daerah Bali, dan Nusa Tenggara , termasuk Pulau Lombok, NTB, akan berlangsung pada Tanggal, 15 Oktober 2018 mendatang. Untuk wilayah Bali fenomena Hari Tanpa Bayangan akan berlangsung Pukul 12.05 Wita, dan di Pulau Lombok Pukul 12.01 Wita sedangkan di wilayah Kupang akan berlangsung Pukul 11.30 Wita.”Untuk daerah sumatera , sulawesi kalimantan dan papua,sudah lewat yah sob bulan September kemarin, tersisa daerah daerah Bali dan nusa tenggara,” twit @info BMKG, Selasa, (9/10/2018)
Sedangkan di Jakarta Hari Tanpa Bayangan terjadi pada hari ini, (Selasa, 9/10) Pukul 11.40 Wib dan diperkirakan akan berlangsung hingga hari Kamis, (11/9/2018) mendatang.”Halo sobat BMKG yang di Jakarta dan Serang, jangan lewatkan fenomena Hari Tanpa Bayangan siang ini yah tepat pukul 11.40 WIB,” ujar @infoBMKG
Seperti yang diketahui bersama, Tanggal, 15 Oktober 2018 merupakan Hari Jadi Kabupaten Lombok Tengah ke – 73.
Menurut Kepala Pusat Astronomi Assalaam AR Sugeng Riyadi, fenomena tersebut terjadi karena posisi matahari berada tepat di atas suatu wilayah.”Fenomena tersebut tidak terjadi pada hari yang sama, tergantung dengan posisi lintangnya, dan berdasar perhitungan pergeseran matahari, fenomena tersebut terjadi dua kali dalam setahun,” kata AR Sugeng.
Saat fenomena itu terjadi, bayangan sebenarnya tidak hilang akan tetapi jatuh tepat di atas bendanya. [slNews.com – rul].

No Responses

Tinggalkan Balasan