Musim Kemarau, Prajurit TNI Kodim 1620/Loteng Gerilya Salurkan Air Bersih

Musim Kemarau, Prajurit TNI Kodim 1620/Loteng  Gerilya Salurkan Air Bersih

SUARALOMBOKNEWS.COM – Lombok Tengah | Sejumlah wilayah di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengalami musibah kekeringan akibat dampak  Musim Kemarau Tahun 2017.

Salah satu wilayah yang terkena dampak Musim Kemarau yakni Desa Bile Lando, Kecamatan Praya Timur, Loteng.

Ratusan Kepala Keluarga (KK) di Desa Bile Lando, kesulitan mendapatkan persediaan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari.

Untuk mendapatkan  air bersih warga Desa Bile Lando, mengambil air  bersih di sejumlah titik mata air yang jauh dari permukiman warga.

Namun kini, titik – titik sumber mata air itu telah mengering, akibat dampak dari Musim Kemarau 2017.” Warga mengambil air bersih di Sumur (mata air). Warga harus mengantri untuk mendapatkan air bersih di Sumur, tetapi sekarang Sumur – sumur itu sudah mengering,” keluh Abdullah Kepala Dusun (Kadus) Kelongkong, Desa Bile Lando.

Selain sumber mata air yang kondisinya sudah mengering, wilayah Desa Bile Lando juga mengalami kekeringan, sehingga masyarakat kesulitan untuk menemukan titik sumber mata air.” Saat ini masyarakat sangat kesulitan mendapatkan Air Bersih,” ucap Abdullah.

Melihat kondisi wilayah Desa Bile Lando yang kekeringan dan mendengar keluhan warga yang kesulitan mendapatkan persediaan Air Bersih, Prajurit TNI Koramil 1620 – 08 / Praya Timur, melaporkan kondisi wilayah Desa Bile Lando yang kekeringan itu kepada Komandan Kodim 1620/Loteng.

Tanpa berpikir panjang, Komandan Kodim 1620/Loteng  Letkol. Inf. Is Abul Rasi, SE, langsung mengambil tindakan cepat,  berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Loteng dan langsung memerintahkan kepada Prajurit TNI Kodim 1620/Loteng untuk menyalurkan bantuan Air Bersih menggunakan Kendaraan Operasional Kodim 1620/Loteng kepada ratusan KK di  Desa Bile Lando yang dilanda kekeringan.” Bantuan Air Bersih untuk warga Desa Bile Lando itu sudah berjalan dua hari,” terang Komandan Kodim 1620/Loteng Letkol. Inf. Is Abul Rasi, SE, Kamis, (14/9/2017).

Bantuan Air Bersih kepada warga  Dusun Kelongkong, dan Dusun Aur Manis, Desa Bile Lando itu merupakan kegiatan rutin Prajurit TNI Kodim 1620/Loteng.

Saat ini warga di Dua Dusun di Desa Bile Lando itu tidak lagi kesulitan mendapatkan pasokan air bersih untuk kebutuhan sehari – hari.

Warga juga tidak lagi harus berjalan jauh dan mengantri panjang di titik – titik sumber mata air.” Alhamdulillah, masyarakat tidak kesulitan lagi untuk mendapatkan air bersih,” sambung Kadus Aur Manis  Marjun.

Masyarakat pun berharap, bantuan air bersih ini bisa berlanjut, sampai dengan berakhirnya musim kemarau, mengingat saat ini titik – titik sumber mata air yang selama ini menjadi tumpuan  masyarakat, kondisinya telah mengering.” Kalau bisa bantuan ini  berlanjut, sehingga masyarakat tidak kesulitan untuk mendapatkan air bersih,” pinta Marjun. (slNews.com – rul)

No Responses

Tinggalkan Balasan